Senin, 25 November 2013

Fungsi Desain Web Terhadap Pepustakaan



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Pada abad ke-21 kesadaran masyarakat tentang pentingnya informasi semakin meningkat, tetapi banyak informasi yang tersedia tidak diiringi layanan yang baik dan menarik. Perpustakaan tak ubahnya semacam gedung penyimpanan buku dan informasi belaka. Perpustakaan selalu berupaya memberikan layanan yang terbaik dan maksimal kepada penggunanya. Berbagai upaya ditempuh untuk untuk memenuhi kepuasan pemakainya dengan pelayanan yang prima. Dengan kecanggihan teknologi informasi pada era globalisasi ini akan mampu menjawab semua tuntutan dari para pengunjung perpustakaan yang menginginkan pelayanan yang prima.
Perpustakaan merupakan lembaga atau pusat informasi yang tugasnya tidak sekedar mengumpulkan dan mengorganisasikan informasi saja, tetapi sebagai lembaga penyebarluasan informasi tidak hanya dengan para penggunanya datang ke perpustakaan bisa juga mnggunakan layanan yang memungkinkan penggunanya memanfaatkan sumber-sumber informasi yang dimiliki perpustakaan dengan berbagai media. Salah satu layanan itu adalah website perpustakaan sebagai layanan penunjang untuk mempermudah memperoleh informasi.
B.     RUMUSAN MASALAH
a.       Apa pengertian perpustakaan ?
b.      Apa yang dimaksud dengan desain web ?
c.       Apa media yang digunakan dalam desain web ?
d.      Bagaimana langkah-langkah dalam mendessain web ?
e.       Apa fungsi desain web bagi perpustakaan ?

BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN PERPUSTAKAAN
Menurut UU perpustakaan pada bab 1 pasal 1 menyatakan bahwa perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelola dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.
Perpustakaan adalah salah satu unit kerja yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan (Darmono, 2001: 2).
Secara lebih umum, Yusuf dan Suhendar (2005:1) menyatakan bahwa perpustakaan adalah suatu tempat yang didalamnya terdapat kegiatan menghimpun, mengelola, dan menyebarluaskan segala macam informasi, baik yang tercetak maupun yang terekam dalam berbagai media seperti buku, majalah, surat kabar, film, kaset, tape recorder, video, komputer, dan lain-lain.
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahawa perpustakaan merupakan suatu bentuk organisasi yang memiliki tugas untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan melayani kebutuhan informasi para pengguna perpustakaan.

B.     PENGERTIAN DESAIN WEB
Desain web adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhan yang bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanisme dari suatu operasi situs web walaupun yang utama memusatkan pada tampilan dan cita rasa. Sedangkan aspek yang mencangkup pada desain web antara lain menciptakan animasi dan grafik, pemilihan warna,grafik dan font.

C.    MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM DESAIN WEB
Desainuntuk mendesain suatuhomepage biasanya para web designer dimulai dengan software ini sebagai tampilan sementara atau dalam membuat layout homepage.

1. Adobe Photoshop : Desain berbasis titik ( bitmap )
2. Adobe Image Ready : Memotong gambar-gambar ke dalam format html
3. Adobe Illustrator : Desain berbasis vector
4. CorelDraw : Desain berbasis vector
5. Macromedia Freehand : Desain berbasis vector

Efek Desain :hal ini dilakukan untuk menghidupkan desain yang telah kita rancang. Seperti menambah efek cahaya, textur dan manipulasi teks.

1. Macromedia Firework : Efek teks
2. Painter : Memberikan efek lukisan
3. Ulead Photo Impact : Efek frame dan merancangan icon yang cantik.
4. Plugins Photoshop : Seperti Andromeda, Alien Skin, Eye Candy, Kai's Power Tool dan Xenofex juga sangat mendukung untuk memberi efek desain sewaktu anda mendesain layout homepage di Photoshop.

Animasi :Penambahan animasi perlu untuk membuat homepage agar kelihatan menarik dan hidup.

1. 3D Studio Max : Untuk membuat objek dan animasi 3D.
2. Gif Construction Set : Membuat animasi file gif 3. Macromedia Flash : Menampilkan animasi berbasis vector yang berukuran kecil.
3. Microsoft Gif Animator : Membuat animasi file gif
4. Swift 3D : Merancang animasi 3D dengan format file FLASH.
5. Swish : Membuat berbagai macam efek text dengan format file FLASH.
6. Ulead Cool 3D : Membuat animasi efek text 3D.

D.    LANGKAH-LANGKAH MENDESAIN WEB
1. Membuat Sketsa Desain :
Dalam mendesain suatu homepage langkah pertama yang dilakukan adalah membuat sketsa disain pada kertas, hal ini dilakukan untuk memberi gambaran bagaimana homepage kita nanti setelah selesai dan bagaimana cara mengatur letak letaknya. tetapi untuk kebanyakan orang langkah ini biasanya dilewati dan langgsung meloncat ke langkah kedua.

2. Membuat Layout Desain :
Setelah sketsa sudah jadi, kita menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand untuk memperhalus sketsa desain dan juga menambahkan efek efek pada sketsa tersebut.
Setelah layout desain homepage sudah jadi. File gambar tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil untuk mengoptimize waktu download.Karena file gambar biasanya berukuran besar sehingga akan memerlukan waktu lama untuk membuka untuk membuka halaman web yang memakai gambar tersebut.
Untuk melakukan hal tersebut kita dapat menggunakan software Adobe Image Ready. Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis juga menjadikannya ke dalam format html. Langkah ini bisa saja dilewatkan bila ukuran gambar kita tidak terlalu besar.

3. Membuat Animasi :
Animasi diperlukan untuk menghidupkan homepage kita agar menarik pengunjung. Macromedia Flash dan Gif Construction Set dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.

4. Membuat HTML :
Setelah itu kita merapikan layout desain kita seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Untuk itu kita perlu software HTML Editor seperti Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage dan Allaire Homesite.

5. Programming dan Script :
Untuk website e-commerce, iklan baris, lelang, database, membuat guestbook, counter dan forum diskusi. selain itu script ini juga dapat digunakan untuk mempercantik halaman web kita antara lain membuat animasi text , membuat animasi pada background dan lain lain. File HTML kita perlu programming untuk melakukan aktivitas semacam itu. Programming dan script ini bisa dibuat dengan menggunakan ASP, Borland Delphy, CGI, PHP, Visual Basic dan yang terkenal saat ini adalah dengan menggunakan java script.

6. Upload HTML :
Setelah file kita telah menjadi html beserta gambar dan scriptnya. Kita perlu meng-upload file kita ke suatu tempat ( hosting ), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html kita. Biasanya Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, Bullet FTP. Yang perlu menjadi catatan di sini adalah jika kita menggunakan microsoft frontpage kita harus memilih hosting yang mendukung frontpage ini karena tidak semua hosting mendukung frontpage, terutama hosting gratis.

7. memilih hosting :
Untuk homepage pribadi atau yang sekedar ingin coba-coba biasanya setelah file html sudah jadi dapat hosting di tempat-tempat gratis, memakai guestbook dan counter gratis dan menambah macam-macam accesories dalam mempercantik homepage pribadi tersebut.

E.     FUNGSI DESAIN WEB BAGI PERPUSTAKAAN
Desain web sangat berperan penting dalam website yang dibuat. Adapun fungsi desain web bagi perpustakaan yaitu :
1.      Mempermudah dalam memperoleh informasi yang diinginkan. Dengan desain web yang sederhana tetapi bisa menyajikan informasi dengan baik.
2.      Desain web dapat menentukan kualitas dari website perpustakaan dalam menyediakan informasi.
3.      Desain web sangat berpengaruh pada penilaian pengguna perpustakaan apakah efiktif dan efisien dalam penyajian informasi.
4.      Desain web juga berfungsi untuk membuat keindahan pada website perpustakaan sehingga minat pengunjung website perpustakaan meningkat.
5.      Desain web berfungsi untuk mengembangkan website perpustakaan.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi dan penyebarluasan informasi sangat harus mempunyai layanan yang prima untuk kepuasan para penggunanya. Salah satunya adalah website perpustakaan sebagai penunjang kemudahan dan kemajuan dalam menyebarluaskan dan memperoleh informasi. Website perpustakaan memerlukan desain web dalam mengelola website supaya terlihat menarik agar minat pengguna perpustakaan semakin meningkat dan nyaman dalam menggunakannya.
B.     Saran
Penggunaan desain web dalam website perpustakaan harus mengetahui fungsi dari website tersebut supaya dapat membuat desain web sesuai dengan fungsi pada website perpustakaan.




DAFTAR PUSTAKA
Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan. Jakarta: Gramedia
http://www.scribd.com/doc/63087149/Pengertian-Web-Design-Beserta-Fungsinyadiakses pada 13 April 2013 pukul: 12:52 WIB
http://www.pemustaka.com/pengertian-tujuan-dan-peran-perpustaandiakses pada 13 April 2013 pukul: 12:55 WIB



Tidak ada komentar:

Posting Komentar